Tugas Dosen


NAMA                         : ARBI BAHTIAR BOEDI IMAN HALANOBIS
NIM                             : 171510501068
MATA KULIAH          : TEKNOLOGI INFORMASI (B)
STYLE                         : AMERICAN PSYCHOLOGICAL  ASSOCIATION 6TH EDITION

Media Tanam Anggrek Dendrobium sp
Tanaman anggrek merupakan salah satu tanaman epifit yang biasa digunakan sebagai tanaman hias, baik didalam ruangan maupun di taman dengan perawatan yang mudah. Tanaman anggrek terdapat beberapa jenis salah satunya yaitu anggrek Dendrobium. Dendrobium merupakan genus anggrek terbesar dari famili Orchidaceae dan merupakan kekayaan sumberdaya genetik yang ada di Indonesia yang memiliki karakter dan keindahan tersendiri bagi pecintanya (Widiastoety, Solvia, & Soedarjo, 2010). Anggrek Dendrobium memiliki banyak warna, memiliki bentuk yang sangat bervariasi serta aromanya yang khas. Anggrek Dendrobium saat ini sudah banyak dibudidayakan, dalam proses pembudidayaannya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui salah satunya adalah media tanam.
Media tanam berfungsi untuk tempat tumbuhnya tanaman, mempertahankan kelembaban dan tempat penyimpanan hara serta air yang diperlukan, peranan lingkungan juga mempengaruhi fungsi media tumbuh aklimatisasi itu sendiri (Wardani, Setiado, & Ilyas, 2011). Media tanam arang sekam memiliki struktur berpasir memiliki porositas yang tinggi, kapasitas menahan air rendah sehingga apabila dicampurkan dengan media tanam arang sekam yang memiliki fungsi untuk menggemburkan tanah juga dapat mempermudah akar tanaman menyerap unsur hara (Febriani, Riniarti, & Surnayanti, 2017). Media tanam pecahan genting memiliki sifat yang hampir sama dengan media tanam pasir yaitu menyerap air dengan baik tetapi memiliki kemampuan sedikit untuk menyerap air yang sedikit dan mudah mengalami penguapan (Andalasari, Yafisham, & Nuraini, 2014). Cocopeat memiliki beberapa keunggulan sebagai media tanam. Salah satunya yang paling sering dimanfaatkan adalah kemampuan mengikat air (water holding capacity) (Pratiwi, Simanjuntak, & Banjarnahor, 2017).
Anggrek Dendrobium tentunya membutuhkan media tanam yang sesuai dengan kebutuhannya. Media tanam yang dibutuhkan anggrek adalah media yang dapat menyimpan air dan unsur hara lalu melepaskannya secara perlahan pada perakaran, tidak mudah melapuk, tersedia udara untuk perakaran, mudah didapat dan murah (TIRTA, 2006). Media tanam yang digunakan untuk anggrek juga harus terhindar dari penyakit, ramah lingkungan dan memiliki pH 5 – 6 (Wardani et al., 2011).
Beragam media tanam digunakan untuk tempat pertumbuhan tanaman anggrek Dendrobium yang dikembangkan selama ini. Media tanam anggrek yang sering digunakan adalah pakis, dikarenakan pakis dapat mengikat air dan unsur hara yang selalu dibutuhkan oleh anggrek (TIRTA, 2006). Alternatif media tanam tentunya juga sangat diperlukan agar tidak selalu terpaku terhadap tanaman pakis. Cocochip yang merupakan limbah kelapa berupa sabut kelapa yang dipotong kecil ini adalah alternatif yang mudah didapat dan murah harganya. Kulit batang akasia dan batang kelapa juga merupakan limbah dari pengolahan kayu. Selama ini kulit kedua batang tersebut tidak digunakan, tetapi memiliki potensi untuk digunakan sebagai media tanam anggrek (Andalasari et al., 2014).




















DAFTAR PUSTAKA
Andalasari, T. D., Yafisham, & Nuraini. (2014). Respon Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Terhadap Jenis Media Tanam Dan Pupuk Daun Respon Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Terhadap Jenis Media Tanam Dan Pupuk Daun. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 14(1), 76–82.
Febriani, W., Riniarti, M., & Surnayanti. (2017). PENGGUNAAN BERBAGAI MEDIA TANAM DAN INOKULASI SPORA UNTUK MENINGKATKAN KOLONISASI EKTOMIKORIZA DAN PERTUMBUHAN Shorea javanica THE APLICATION OF VARIOUS PLANTINGMEDIA AND SPORE INOCULUMS TO IMPROVE ECTOMYCORRHIZAL COLONIZATION AND GROWTH OF Shorea javanic. Jurnal Sylva Lestari, 5(3), 87–94.
Pratiwi, N. E., Simanjuntak, B. H., & Banjarnahor, D. (2017). Pengaruh campuran media tanam terhadap pertumbuhan tanaman stroberi (Fragaria vesca L.) sebagai tanaman hias taman vertikal. Agric, 29(1), 11–20.
TIRTA, I. G. (2006). The effects of planting media and leaf fertilizers on the growth of jamrud orchid (Dendrobium macrophyllum A. Rich.). Biodiversitas, Journal of Biological Diversity, 7(1), 81–84. https://doi.org/10.13057/biodiv/d070120
Wardani, S., Setiado, H., & Ilyas, S. (2011). Pengaruh Media Tanam dan Pupuk Daun terhadap Aklimatisasi Anggrek Dendrobium ( Dendrobium Sp ) The Effect of the Culture Medium and the Foliar Fertilizer on Acclimatization of Dendrobium sp Pendahuluan Metode Penelitian. Jurnal Ilmu Pertanian Kultivar, 5(1), 11–18.
Widiastoety, D., Solvia, N., & Soedarjo, M. (2010). POTENSI ANGGREK DENDROBIUM DALAM MENINGKATKAN VARIASI DAN KUALITAS ANGGREK BUNGA POTONG. Jurnal Litbang Pertanian, 29(Tabel 2), 101–106.

Comments

Popular posts from this blog

Before I Got It

HASIL LAPORAN LUCID